Membuat Database Karyawan
Ilustrasi Membuat Database Karyawan

Advan – Membuat database karyawan di Microsoft Access adalah langkah penting untuk mengelola data karyawan dengan efisien. Database perusahaan yang dikelola dengan baik, akan memudahkan bagian HRD saat mencari data karyawan.

Berikut adalah tutorial lengkap untuk membantu kamu membuat database karyawan dari awal hingga akhir.

Langkah-Langkah Membuat Database Karyawan, Mudah dan Cepat

Dengan mengelola database karyawan yang baik dan informasi yang terstruktur akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dalam manajemen kepegawaian. Lalu bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah yang telah kami siapkan berikut ini:

1. Membuka Microsoft Access

  • Buka Microsoft Access di komputer kamu.
  •  Pilih Blank Database dan beri nama database kamu, misalnya “DatabaseKaryawan”.
  • Klik Create untuk memulai database baru.

2. Membuat Tabel Karyawan

  • Setelah database terbuka, kamu akan melihat tabel baru yang kosong.
  • Klik pada View di pojok kiri atas dan pilih Design View.
  • Beri nama tabel kamu, misalnya “Karyawan”.
  • Masukkan field untuk tabel karyawan.

3. Menentukan Tipe Data

Setiap field harus memiliki tipe data yang sesuai:

  • EmployeeID: Autonumber
  • Nama: Short Text
  • TanggalLahir: Date/Time
  • Alamat: Long Text
  • Jabatan: Short Text
  • Gaji: Currency

4. Menyimpan Tabel

Setelah selesai mendefinisikan field dan tipe data, simpan tabel kamu dengan mengklik Save atau menekan Ctrl+S. Tabel karyawan kamu kini siap digunakan.

5. Mengisi Data Karyawan

  • Kembali ke Datasheet View.
  • Masukkan data karyawan ke dalam tabel yang sudah dibuat. Setiap baris baru akan menghasilkan EmployeeID secara otomatis.

6. Membuat Query

Untuk mengelola dan menampilkan data karyawan, kamu bisa membuat query:

  • Pilih Create di menu utama, lalu pilih Query Design.
  • Tambahkan tabel “Karyawan” ke dalam query.
  • Pilih field yang ingin kamu tampilkan dalam query, misalnya EmployeeID, Nama, dan Jabatan.
  • Untuk menyaring data, tambahkan kriteria pada kolom yang sesuai. Misalnya, untuk menampilkan karyawan dengan jabatan “Manager”:
  • Simpan query kamu dengan nama yang sesuai, misalnya “QueryManager”.

7. Membuat Formulir (Form)

Formulir memudahkan kamu untuk memasukkan dan melihat data:

  • Pilih Create di menu utama, lalu pilih Form Design.
  • Tambahkan field dari tabel karyawan ke formulir.
  • Atur tata letak formulir agar nyaman digunakan.
  • Simpan formulir dengan nama yang sesuai, misalnya “FormKaryawan”.

8. Membuat Laporan (Report)

Laporan membantu kamu menganalisis dan mencetak data:

  • Pilih Create di menu utama, lalu pilih Report Design.
  • Tambahkan field dari tabel atau query ke laporan.
  • Atur format laporan agar mudah dibaca.
  • Simpan laporan dengan nama yang sesuai, misalnya “LaporanKaryawan”.

Baca juga Tutorial Membuat Laporan dengan Microsoft Access

Dengan mengikuti tutorial ini, kamu bisa membuat dan mengelola database karyawan di Microsoft Access dengan mudah. Database ini akan membantu kamu menyimpan, mengelola, dan menganalisis data karyawan secara efisien.

Advan One PC telah dilengkapi dengan prosesor canggih yang mampu menjalankan Microsoft Access dan aplikasi lainnya dengan lancar. Dengan begitu, kamu dapat membuat database karyawan dengan lebih cepat tanpa hambatan. Selamat mencoba!***

 

Editor : Adita Febriyanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *