Ilustrasi penggunaan laporan keuangan

AdvanCostumer dan supplier merupakan bagian dari keberlangsungan suatu perusahaan.  Mereka adalah orang yang biasa atau sering melakukan transaksi pada suatu perusahaan.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk membuatkan data yang sesuai untuk mempermudah dalam pengecekan atau pun keperluan lainnya. Salah satu caranya dengan mengolah datanya pada aplikasi MYOB.

Langkah-langkah Input Data Customer di MYOB

Suatu perusahaan umumnya memiliki banyak customer yang berbeda-beda oleh karena itu perlu dilakukan pencatatan agar suatu perusahaan berjalan dengan semestinya. Untuk dapat membuat data costumer ada beberapa langkah atau cara yang dapat kamu ikuti.

1. Buka MYOB dan Masuk ke Modul Sales

  • Pertama, buka software MYOB kamu dan masuk ke modul “Sales”. Modul ini dirancang untuk mengelola semua transaksi penjualan dan data customer.

2. Pilih ‘Card File’ dan Klik ‘New’

  • Pada menu utama, pilih “Card File” lalu klik “New”. Ini akan membuka formulir input data baru.

3. Isi Informasi Customer

Isi informasi customer pada form yang muncul. Informasi yang perlu diisi meliputi:

  • Name: Nama customer.
  • Address: Alamat lengkap customer.
  • Contact Details: Nomor telepon dan email customer.
  • Customer ID: Kode unik untuk mengidentifikasi customer.
  • Payment Terms: Syarat pembayaran yang disepakati dengan customer.
  • Pastikan semua informasi diisi dengan benar dan lengkap untuk menghindari kesalahan di kemudian hari.

4. Simpan Data Customer

  • Setelah semua data terisi, klik tombol “Save” untuk menyimpan data customer baru kamu.

Langkah-langkah Input Data Supplier di MYOB

Supplier merupakan seseorang atau bisa juga perusahaan yang menyediakan barang mentah yang diolah menjadi barang jadi atau setengah jadi, oleh pihak yang membutuhkan.

Mengingat supplier sangat besar pengaruhnya dalam keberlangsungan perusahaan, penting bagi kamu untuk menginput data supplier secara benar. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka MYOB dan Masuk ke Modul Purchases

  • Setelah login, buka modul “Purchases” untuk mengelola semua transaksi pembelian dan data supplier.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Untung Rugi dengan MYOB

2. Pilih ‘Card File’ dan Klik ‘New’

Seperti pada data customer, pilih “Card File” kemudian klik “New” untuk membuat data supplier baru.

Isi Informasi Supplier

Isi informasi yang diminta pada form yang muncul. Informasi yang perlu diisi meliputi:

  • Name: Nama supplier.
  • Address: Alamat lengkap supplier.
  • Contact Details: Nomor telepon dan email supplier.
  • Supplier ID: Kode unik untuk mengidentifikasi supplier.
  • Payment Terms: Syarat pembayaran yang disepakati dengan supplier.
    Periksa kembali informasi yang kamu masukkan untuk memastikan tidak ada kesalahan.

3. Simpan Data Supplier

Setelah semua data diisi dengan benar, klik tombol “Save” untuk menyimpan data supplier.

Tips Penting untuk Input Data di MYOB

  • Verifikasi Data: Pastikan kamu selalu memverifikasi data yang dimasukkan agar tidak terjadi kesalahan input yang dapat mempengaruhi laporan keuangan.
  • Update Data Secara Berkala: Selalu perbarui data customer dan supplier jika ada perubahan untuk memastikan informasi yang tercatat selalu akurat.
  • Backup Data: Lakukan backup data secara berkala untuk menghindari kehilangan data penting akibat kerusakan sistem atau kesalahan manusia.

Jika kamu sedang mencari perangkat yang dapat mendukung penggunaan software akuntasi, kami menyarankan kamu untuk memilih Advan Workplus. Dengan layar yang jernih serta keyboard yang nyaman, Advan Workplus dapat memastikan kamu dapat dengan mudah mengelola data keuangan. ***

 

Editor: Sabila J. Firda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *