Advan – Dalam kalangan animator menggunakan keyframe mungkin bukanlah hal yang baru lagi.

Menggunakan keyframe sangat diperlukan dalam membuat rangkaian gambar yang sempurna.

Namun tahukah Anda jika Keyframe juga bisa digunakan pada Wondershare Filmora? Ikuti panduan berikut  untuk menggunakan Keyframe dengan mudah.

Apa Itu Keyframe?

Keyframe adalah titik dalam timeline yang menandakan awal atau akhir dari perubahan tertentu pada elemen video atau audio.

Dengan menggunakan keyframe, Anda dapat mengatur posisi, ukuran, rotasi, opacity, dan efek lainnya secara bertahap.

Fitur ini sangat berguna untuk membuat animasi teks, gambar, dan video yang dinamis dan menarik.

Langkah-langkah Menggunakan Keyframe di Wondershare Filmora

1. Buka Wondershare Filmora dan Import Media

  • Buka Wondershare Filmora dan buat proyek baru.
  • Import media yang akan Anda gunakan ke dalam proyek Anda dengan mengklik tombol “Import” dan memilih file dari komputer Anda.

2. Tambahkan Media ke Timeline

  • Seret dan letakkan file media yang telah diimpor ke timeline di bagian bawah layar. Ini bisa berupa video, gambar, atau teks yang ingin Anda buat animasi.

3. Buka Panel Keyframe

  • Pilih klip di timeline yang ingin Anda tambahkan keyframe.
  • Klik kanan pada klip tersebut dan pilih “Show Keyframe” dari menu yang muncul. Ini akan membuka panel keyframe di bagian kanan layar.

4. Tambahkan Keyframe Pertama

  • Dalam panel keyframe, klik pada ikon “Add Keyframe” untuk menambahkan keyframe pertama. Pastikan playhead (penanda waktu) berada di posisi awal perubahan yang Anda inginkan.

5. Atur Properti Keyframe

  • Dengan keyframe pertama ditambahkan, Anda bisa mulai mengatur properti seperti posisi, ukuran, rotasi, dan opacity dari elemen yang dipilih. Anda bisa mengubah properti ini di panel yang tersedia.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Mengatur Keyframe di Capcut Desktop

6. Tambahkan Keyframe Kedua

  • Geser playhead ke titik waktu lain di mana Anda ingin perubahan selesai. Tambahkan keyframe kedua dengan mengklik ikon “Add Keyframe” lagi.
  • Atur properti elemen pada keyframe kedua sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan. Wondershare Filmora akan secara otomatis membuat animasi transisi antara keyframe pertama dan kedua.

7. Pratinjau Animasi

  • Putar video di timeline untuk melihat pratinjau animasi yang telah Anda buat. Anda bisa menyesuaikan posisi dan properti keyframe jika diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

8. Simpan dan Ekspor Proyek

  • Setelah puas dengan animasi yang Anda buat, simpan proyek Anda. Klik “Export” untuk menyimpan video dalam format yang Anda inginkan dan membagikannya di berbagai platform.

Tips dan Trik Menggunakan Keyframe

  • Gunakan Keyframe untuk Efek Transisi: Keyframe sangat efektif untuk menciptakan efek transisi yang halus antara dua klip video atau gambar.
  • Animasi Teks: Tambahkan animasi pada teks untuk membuat video Anda lebih menarik dan dinamis.
  • Kreativitas Tanpa Batas: Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai properti dan efek. Keyframe memungkinkan kreativitas tanpa batas dalam mengedit video.

Dengan memahami cara menggunakan keyframe di Wondershare Filmora, Anda dapat meningkatkan kualitas video Anda secara signifikan.

Fitur ini memberikan kontrol penuh atas elemen-elemen video, memungkinkan Anda untuk membuat animasi yang profesional dan menarik.

Dengan dilengkapi spesifikasi tinggi dan performa handal, Advan Workpro mampu menjalankan aplikasi berat tanpa lag, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur keyframe dan membuat animasi yang halus tanpa hambatan.

Dengan Advan Workpro, proses pengeditan video menjadi lebih cepat dan menyenangkan, selamat berkarya untuk menghasilkan video-video menarik lainnya. *** (muu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *