Advan – Snapchat adalah salah satu aplikasi media sosial yang sangat populer di kalangan Gen Z. Dengan fitur-fitur unik seperti Snaps, Stories, dan Lenses, Snapchat menawarkan pengalaman berbeda dari platform media sosial lainnya. Bagi yang baru mulai menggunakan Snapchat atau ingin memaksimalkan penggunaan aplikasinya, berikut adalah panduan lengkap menggunakan Snapchat untuk Gen Z yang bisa membantu:

1. Mengunduh dan Mengatur Akun Snapchat

  • Unduh Aplikasi

Snapchat dapat di unduh secara gratis di App Store (iOS) dan Google Play Store (Android). Cari “Snapchat” dan klik unduh aplikasinya.

  • Buat Akun

Setelah mengunduh, buka aplikasi dan pilih “Sign Up”. Masukkan nama, tanggal lahir, nama pengguna (username), kata sandi, email, dan nomor telepon Anda.

  • Verifikasi Akun

Memasukkan kode yang dikirim melalui SMS untuk melakukan verifikasi nomor telepon.

2. Mengenal Antarmuka Snapchat

Snapchat memiliki antarmuka yang sederhana namun berbeda dari media sosial lainnya yaitu Kamera dimana halaman utama Snapchat adalah kamera. Dari sini, kamu bisa mengambil foto atau video dengan menekan atau menahan tombol tengah.

Selanjutnya adalah Chat, terletak di sebelah kanan dari kamera untuk membuka halaman Chat, di mana kmau bisa mengirim pesan ke teman lain. Dan yang terakhir adalah Stories dan Discover, terletak di sebelah kiri dari kamera untuk melihat Stories dari teman-teman dan konten dari penerbit atau kreator terkenal di bagian Discover.

3. Mengambil dan Mengirim Snaps

  • Mengambil Snaps

Tekan tombol di tengah untuk mengambil foto atau tahan untuk merekam video.

  • Mengedit Snaps

Setelah mengambil Snap, kamu bisa menambahkan teks, stiker, bitmoji, dan filter dengan berbagai pilihan yang tersedia di layar.

  • Mengirim Snaps

Setelah selesai mengedit, pilih teman yang ingin kamu kirim Snap tersebut atau tambahkan ke Story kamu.

4. Menggunakan Stories

  • Membuat Stories

Stories adalah kumpulan Snaps yang bisa dilihat oleh teman-teman kamu selama 24 jam. Untuk menambah Snap ke Story, ambil Snap seperti biasa, kemudian pilih “My Story” saat mengirim.

  •  Melihat Stories

Geser ke kiri dari kamera untuk melihat Stories teman-teman kamu maka Stories akan muncul di bagian atas layar dalam bentuk lingkaran.

  • Memperpanjang Stories

Kamu bisa menambahkan Snaps baru ke Story kapan saja dalam 24 jam setelah Story pertama dibuat.

Baca Juga : Cara Membuka WhatsApp di Laptop, Mudah dan Cepat

5. Mengenal Fitur Lainnya

  • Lenses

Lenses adalah filter AR yang bisa kamu gunakan untuk mengubah penampilan atau lingkungan sekitar kamu. Untuk menggunakan Lenses, tekan dan tahan pada wajah kamu di layar kamera dan pilih Lenses yang muncul di bagian bawah.

  • Snap Map

Fitur ini memungkinkan Anda melihat lokasi teman-teman kamu di peta dan membagikan lokasi kamu yang terletak dibawah layar kamera untuk membuka Snap Map.

  • Memories

Snap yang kamu simpan akan muncul di Memories. Kamu bisa menyimpan Snaps dari Story atau langsung dari kamera.

Selain dari penggunaan snapchat mobile di smartphone, snapchat juga bisa kita gunakan di laptop. Aplikasi snapchat dapat dijalankan pada laptop dengan mengunjungi situs Snapchat Web lalu login untuk bisa mengakses akun snapchat anda. Dengan Laptop Advan 360 stylus akan lebih mudah dalam penggunaan Snapchat Web, bodi yang ramping, ringan, mudah dibawa kemana saja, dan bisa digunakan dalam mode tablet, karena Laptop Advan 360 stylus dapat diputar hingga 360 derajat serta dilengkapi dengan layar touchscreen dan sudah mendapatkan stylus pen yang memudahkan penggunaannya.

6. Keamanan dan Privasi

  •  Pengaturan Privasi

Anda bisa mengatur siapa yang bisa menghubungi kamu, melihat Stories Anda, dan melihat lokasi kamu di Snap Map melalui pengaturan privasi di profil.

  • Blokir dan Laporkan

Jika kamu menerima pesan atau Snaps yang tidak diinginkan, kamu bisa memblokir atau melaporkan pengguna tersebut melalui opsi yang tersedia di profil mereka atau dalam percakapan.

7. Tips dan Trik Tambahan

  •  Shortcuts Emoji

Anda bisa mengatur emoji tertentu sebagai shortcut untuk mengirim Snaps ke teman-teman.

  • Bitmoji

Integrasikan Bitmoji dengan Snapchat untuk membuat avatar pribadi yang bisa digunakan dalam Snaps dan Chats.

  • Geofilters

Snapchat menawarkan filter khusus berdasarkan lokasi kamu. Saat bepergian, coba geser untuk menemukan Geofilters lokal yang unik.

Baca Juga: Tips Menjaga Privasi di Media Sosial

Snapchat adalah platform yang menawarkan cara baru dan kreatif untuk berkomunikasi dan berbagi momen. Dengan memahami fitur-fitur dasar dan trik yang ada, kamu bisa memaksimalkan pengalaman menggunakan Snapchat. Selalu perhatikan pengaturan privasi dan gunakan fitur-fitur kreatif untuk membuat konten yang menarik dan unik.

Jika kamu sedang mencari perangkat yang tangguh untuk membuat konten media sosial, Laptop Advan Workplus cocok untuk memenuhi kebutuhan komputasi kamu.

Laptop Advan Workplus hadir dengan fitur canggih, ruang penyimpanan yang besar dan desain yang kekinian. Cek spesifikasi lengkap dan produk Advan yang lain di sini.

Editor: Mahfida Ustadhatul Umma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *