peralatan yang diperlukan youtuber

Advan – Menjadi YouTuber adalah impian banyak orang saat ini. Dengan berbagai konten menarik yang bisa dibuat, dari vlog harian, tutorial, ulasan produk, hingga hiburan, platform YouTube memberikan peluang besar bagi kreator konten untuk meraih popularitas dan pendapatan. Namun, untuk menghasilkan video berkualitas, ada beberapa peralatan yang diperlukan. Berikut adalah daftar peralatan yang diperlukan YouTuber pemula:

1. Kamera

Kamera adalah peralatan utama yang harus dimiliki oleh seorang YouTuber. Pilihan kamera tergantung pada jenis konten dan anggaran yang dimiliki, contohnya seperti kamera DSLR atau mirrorless, kamera pocket atau action camera, dan smartphone.

2. Mikrofon

Audio yang jernih sangat penting untuk video yang berkualitas. Mikrofon eksternal dapat meningkatkan kualitas suara secara signifikan seperti :

  • Lavalier Microphone (Clip-on), yaitu Mikrofon kecil yang bisa dipasang di pakaian, ideal untuk vlogging atau wawancara. Contohnya adalah Rode SmartLav+.
  • Shotgun Microphone, Mikrofon ini bisa dipasang di atas kamera atau pada stand dan mampu menangkap suara dari arah tertentu dengan jelas. Contoh yang populer adalah Rode VideoMic Pro.
  • USB Microphone, Mikrofon ini mudah dihubungkan ke komputer dan cocok untuk voice over atau podcasting. Contoh yang bagus adalah Blue Yeti.

3. Tripod dan Stabilizer

Untuk mendapatkan gambar yang stabil dan menghindari goyangan, tripod dan stabilizer sangat diperlukan. Tripod adalah Alat ini menjaga kamera tetap stabil saat merekam. Ada berbagai ukuran, dari tripod meja kecil hingga tripod full-size seperti Manfrotto Befree sedangkan Stabilizer/Gimbal merupakan Alat yang membantu menghasilkan video yang mulus saat bergerak. Seperti DJI Ronin-S untuk kamera besar dan DJI Osmo Mobile untuk smartphone.

Baca Juga : Cara Menjadi Influencer di Media Sosial

4. Lighting

Sangat penting memiliki pencahayaan yang baik untuk menghasilkan video yang jelas dan profesional. Pencahayaan yang biasa digunakan Youtuber yaitu berupa ring light, softbox lighting dan LED Panels.

5. Background dan Dekorasi

Latar belakang yang menarik dapat menambah daya tarik visual dari video seperti backdrop kain atau layar yang digunakan sebagai latar belakang. Bisa berupa green screen atau latar belakang dekoratif sesuai tema konten, serta dekorasi yang berisi elemen dekoratif seperti poster, tanaman, atau lampu hias bisa menambah estetika didalam video.

6. Software Editing

Mengedit video merupakan langkah penting dalam proses pembuatan konten. Advan All in One PC sangat direkomendasikan dalam pengeditan video bagi Youtuber pemula, tampilan layar yang lebar hingga 24 inch serta kejernihan Full HD 1920*1080 60 Hz 99%SRGB, didukung dengan processor Core i5-1035G7 dijamin proses editing akan lebih cepat karena diserta juga RAM yang besar yaitu Up 8 gb DDR4 dan storage Penyimpanan 512 gb yang menggunakan teknologi SSD tidak akan membuat proses kinerja perangkat menjadi lelet.

Jangan takut masalah daya listrik, karena Advan All in One PC hanya memakan daya listrik rendah yaitu 90 Watt, sehingga pengguna dapat menghemat tagihan listrik tiap bulannya.

Software editing memiliki 2 versi yang secara gratis maupun berbayar, contoh dari software editing gratis yaitu iMovie (untuk pengguna Mac) dan DaVinci Resolve. Serta software editing berbayar yaitu Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro, kedua software tersebut adalah pilihan populer di kalangan profesional dengan fitur yang lebih lengkap.

7. Aksesoris Tambahan

Beberapa aksesoris tambahan bisa membantu dalam pembuatan konten yaitu, Extra Batteries dan Memory Cards serta External Hard Drive.

Membangun kanal YouTube yang sukses memerlukan investasi dalam peralatan yang tepat. Kamera, mikrofon, tripod, pencahayaan, background, dan software editing adalah beberapa peralatan dasar yang diperlukan. Dengan peralatan yang tepat dan kreativitas, Anda bisa mulai membuat konten berkualitas tinggi yang menarik dan profesional. Ingatlah, konsistensi serta konten yang menarik adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan di YouTube.

Itulah beberapa alat yang diperlukan untuk menjadi Youtuber. Menggunakan alat dan perangkat yang tepat akan menghasilkan konten yang berkualitas sehingga menghadirkan trafic yang tinggi. ***

 

Editior: Mahfida Ustadhatul Umma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *