Advan –  Di era teknologi seperti saat ini, fasilitas desain website sudah sangat banyak bermunculan. Salah satu aplikasi tersebut adalah Figma.

Figma memberikan cara mudah desain website dengan berbagai tools yang tersedia yang dapat kamu jadikan sebagai wadah untuk mendesain berbagai tampilan website kamu. Pada artikel ini, kita akan membahasa secara tuntas desain website menggunakan Figma.

Langkah-Langkah Menggunakan Figma untuk Pemula

Sebelum belajar desain website di Figma, kamu perlu mengikuti langkah demi langkah yang telah kami sediakan, agar kamu dapat dengan mudah mengaplikasikan fitur-fitur yang terdapat pada Filma. Yuk, simak sampai habis!

1. Membuat Akun Figma

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Figma. Kunjungi [situs resmi Figma](https://www.figma.com/) dan daftar dengan email kamu. Setelah itu, verifikasi email kamu untuk mengaktifkan akun.

2. Memulai Proyek Baru

Setelah masuk ke akun Figma, kamu bisa memulai proyek baru dengan klik tombol “New File”. Kamu akan diarahkan ke kanvas kosong di mana kamu bisa mulai mendesain.

3. Mengenal Interface Figma

Figma memiliki interface yang intuitif. Berikut beberapa bagian penting yang perlu kamu ketahui:

  • Toolbar: Berisi alat-alat dasar seperti move, frame, shape, pen, text, dan lainnya.
  • Layer Panel: Menampilkan semua elemen yang ada di kanvas kamu.
  • Properties Panel: Menampilkan properti dari elemen yang dipilih, seperti warna, ukuran, dan lain-lain.

4. Menggunakan Frame dan Shape

Frame dan shape adalah dasar dari setiap desain di Figma. Kamu bisa membuat frame dengan klik ikon frame di toolbar dan menggambar di kanvas. Frame ini bisa digunakan sebagai artboard atau container untuk elemen lainnya. Shape seperti rectangle, circle, dan line bisa ditambahkan untuk membuat berbagai bentuk dasar.

5. Menambahkan Teks

Menambahkan teks sangat mudah di Figma. Klik ikon teks di toolbar dan klik di area kanvas tempat kamu ingin menambahkan teks. Kamu bisa mengatur font, ukuran, warna, dan lainnya di properties panel.

6. Menyusun dan Mengelola Layer

Pengelolaan layer di Figma sangat mirip dengan software desain lainnya. Kamu bisa mengelompokkan, mengunci, atau menyembunyikan layer untuk mempermudah pekerjaan kamu. Gunakan layer panel untuk menyusun elemen desain dengan lebih rapi.

Baca juga: Cara Membuat Desain UI UX dengan Figma

7. Menggunakan Plugin

Figma memiliki banyak plugin yang dapat membantu mempercepat proses desain kamu. Untuk mengakses plugin, klik menu “Plugins” dan pilih plugin yang kamu butuhkan. Beberapa plugin populer di Figma adalah Unsplash untuk gambar gratis, Figmotion untuk animasi, dan Autoflow untuk membuat alur pengguna.

8. Berkolaborasi dengan Tim

Fitur kolaborasi adalah salah satu keunggulan utama Figma. Kamu bisa mengundang anggota tim untuk bekerja pada proyek yang sama dengan klik tombol “Share” dan memasukkan email mereka. Mereka akan mendapatkan akses sesuai dengan izin yang kamu berikan, seperti bisa melihat atau mengedit.

Semoga artikel ini membantu kamu memahami dasar-dasar menggunakan Figma sehingga kamu dapat membuat desain website yang seusia dengan kreativitas dan kebutuhan kamu.

Kamu sudah tau cara menggunakan Figma? Nah, sekarang saatnya memaksimalkan pengalaman mendesain kamu dengan perangkat yang tepat. Advan Workpro adalah pilihan yang tepat untuk para desainer pemula maupun profesional yang ingin meningkatkan produktivitas dalam desain website. Selamat berkreasi! ***

 

Editor: Sabila J. Firda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *